December 1, 2022

BenQ Mobiuz EX3210U adalah monitor gaming IPS 32″ 4K 144Hz lainnya dengan gamut warna yang lebar, FreeSync, HDR, dan HDMI 2.1; namun, ia juga menawarkan beberapa fitur unik dan premium – inilah perbandingannya dengan alternatifnya, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di monitor gaming acer xg270hu.

Kualitas gambar

Berkat cahaya latar yang ditingkatkan dengan titik kuantum, BenQ EX3210U memiliki gamut warna lebar yang mencakup 99% Adobe RGB dan 98% ruang warna DCI-P3, yang setara dengan ukuran gamut ~150% sRGB.

Hasilnya, Anda mendapatkan warna yang jenuh dan cerah, terutama jika menyangkut warna biru, hijau, dan sian. Ada juga mode emulasi sRGB yang tersedia, jika Anda ingin mengurangi gamut hingga ~100% sRGB untuk akurasi yang lebih baik.

Panel IPS monitor juga memastikan reproduksi warna yang konsisten dan sudut pandang lebar 178°, sehingga gambar akan tetap akurat terlepas dari sudut pandang Anda di layar.

Sekarang, sementara mode sRGB memiliki kalibrasi pabrik yang layak, prasetel gamma 2.2 dalam mode Standar/Kustom terlalu tinggi pada sebagian besar unit, menghasilkan warna hitam yang meningkat. Jadi, mengubah gamma ke ‘2.0’ mungkin memberi Anda hasil yang lebih baik, lebih dekat ke target 2.2. Anda dapat menggunakan kalibrasi gamma Lagom untuk melihat performa model khusus Anda.

Jadi, jika Anda ingin menggunakan monitor untuk pekerjaan kritis warna, Anda memerlukan kolorimeter untuk kalibrasi dan pembuatan profil yang tepat.

Masalah lain yang tersebar luas dengan monitor BenQ EX3210U adalah kecerahan puncak SDR, yang berkisar dari 250-nit hingga 280-nit, tergantung pada unitnya, di bawah 300-nit yang ditentukan.

Untuk banyak pengguna, bahkan 250-nits akan terlalu terang, tetapi jika Anda berada di ruangan dengan pencahayaan yang sangat kuat, monitor mungkin terlalu redup untuk Anda bahkan pada pengaturan kecerahan tertinggi karena tidak dapat mengatasi silau.

Rasio kontras statis mencapai 1.000:1, seperti yang diharapkan dari panel IPS, jadi Anda tidak akan mendapatkan warna hitam pekat seperti panel VA atau OLED. Beberapa cahaya IPS juga hadir, yang merupakan kelemahan lain yang diharapkan dari teknologi panel ini. Intensitasnya bervariasi dari unit ke unit, tetapi dalam banyak kasus dapat dikelola.

Selanjutnya, resolusi 4K UHD memberi Anda banyak ruang layar dengan detail dan teks yang tajam pada layar monitor 31,5″ yang dapat dilihat berkat kerapatan piksel tinggi sekitar 140 PPI (piksel per inci).

Ingatlah bahwa 4K UHD cukup menuntut CPU dan GPU, jadi pastikan sistem Anda dapat menanganinya.

Dalam hal konten HDR, BenQ EX3210U mendapat peningkatan kecerahan puncak hingga 600-nits untuk sorotan tajam dan dapat memanfaatkan gamut warna lebar dengan baik. Namun, rasio kontras yang biasa-biasa saja menahan pengalaman menonton secara keseluruhan.

Ada solusi peredupan lokal yang dapat membantu dengan rasio kontras, tetapi karena hanya ada 16 zona di seluruh layar, hanya adegan HDR dengan objek terang dan gelap berjauhan yang akan terlihat lebih baik daripada SDR. Singkatnya, Anda tidak mendapatkan pengalaman menonton HDR yang sebenarnya, yang membutuhkan peredupan lokal array penuh atau teknologi OLED, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

BenQ EX3210U memiliki empat mode overdrive waktu respons yang disebut AMA (Advanced Motion Accelerator), mulai dari Level 0 hingga Level 3.

Berdasarkan uji ghosting UFO oleh Blur Busters, kami merekomendasikan untuk tetap menggunakan mode Level 2 default karena Level 3 memperkenalkan banyak ghosting terbalik.

Masih ada beberapa jejak kecil yang terlihat di belakang objek yang bergerak cepat, tetapi itu tidak akan mengganggu sebagian besar pengguna. Anda tidak akan melihat noda tingkat gelap yang terkait dengan tampilan panel VA yang jauh lebih lambat.

Jika Anda kebanyakan bermain penembak orang pertama yang kompetitif, Anda mungkin menemukan jumlah ghosting yang mengganggu, terutama jika Anda terbiasa dengan tampilan yang lebih cepat, tetapi monitor 32″ 4K tidak terlalu cocok untuk game cepat yang serius.

Sisi positifnya, input lag rendah hanya sekitar 4ms delay, yang tidak terlihat.

Variable refresh rate (VRR) didukung dengan sertifikasi AMD FreeSync Premium Pro untuk gamut dan pemetaan nada yang lebih baik dalam game yang kompatibel jika Anda memiliki GPU Radeon.

Jika Anda memiliki GPU GeForce, VRR didukung melalui mode ‘Kompatibel G-SYNC’ dan Anda mendapatkan kinerja yang mulus dan bebas sobek hingga 144FPS meskipun monitor tidak memiliki sertifikasi NVIDIA resmi.

BenQ EX3210U juga mendukung Motion Blur Reduction, yang menggunakan lampu latar yang menyala untuk mengurangi gerakan yang kabur dengan mengorbankan kecerahan gambar. Ini dapat diaktifkan bersamaan dengan VRR, tetapi kecepatan refresh Anda harus lebih dari 120Hz.

Terakhir, lampu latar monitor bebas kedip (kecuali Pengurangan Blur diaktifkan), dan ada filter cahaya biru rendah terintegrasi.

Fitur

Di bawah bezel bawah layar, terdapat joystick terarah untuk navigasi cepat dan mudah melalui menu OSD (On-Screen Display). Anda juga mendapatkan pengontrol jarak jauh dengan akses ke fitur dan penyesuaian paling penting.

Fitur game yang patut diperhatikan termasuk Black eQualizer dan Light Tuner untuk visibilitas yang lebih baik dalam pemandangan yang lebih gelap. Selain penyesuaian gambar standar, seperti kecerahan, kontras, dan suhu warna, Anda juga mendapatkan gamma (dari 1,8 hingga 2,6), Color Vibrance, dan pengaturan ketajaman.

Ada sensor terintegrasi yang dapat secara otomatis menyesuaikan kecerahan layar sesuai dengan pencahayaan sekitar melalui teknologi Brightness Intelligence Plus BenQ – yang dapat digunakan bersama dengan HDR melalui fitur HDRi.

Anda juga akan menemukan empat strip LED RGB di bagian belakang monitor dengan efek warna dan pola yang dapat disesuaikan, tetapi LED tersebut tidak cukup kuat untuk memantul ke dinding dan menciptakan pencahayaan atmosfer.

Desain & Konektivitas

Dudukan monitor kokoh dan menawarkan rentang ergonomis yang baik, termasuk penyesuaian ketinggian hingga 100mm, kemiringan -5°/15°, putar +/- 15°, dan kompatibilitas pemasangan VESA 100x100mm, tetapi tidak ada opsi pivot.

Layar memiliki lapisan anti-silau matte ringan yang mencegah pantulan tanpa membuat gambar terlalu berbintik.

Pilihan konektivitas berlimpah dan mencakup dua port HDMI 2.1 dengan bandwidth 48 Gbps penuh, DisplayPort 1.4 dengan DSC, jack headphone, hub quad-USB 3.0, dan dua speaker terintegrasi 2W dengan subwoofer 5W. Speaker menawarkan kualitas audio yang layak untuk  Gaming Monitors, tetapi tidak sebagus speaker anggaran khusus.

Ada juga mikrofon internal dengan pembatalan bising aktif dan indikator LED yang menunjukkan saat mikrofon sedang digunakan.

Harga & Monitor Serupa

Harga BenQ EX3210U berjumlah $1.100, yang menurut kami terlalu mahal.

Hanya dengan $200 lebih, Anda bisa mendapatkan Dell AW3423DW dengan panel QD-OLED yang menawarkan kualitas gambar dan kinerja yang jauh lebih baik.

Samsung Odyssey Neo G7 dengan   lampu latar FALD mini 1196 zona juga dapat ditemukan dengan harga $1.100 – $1.300.

Jika Anda menginginkan monitor IPS 32″ 4K 144Hz, periksa Gigabyte M32U. Harganya $800 namun menawarkan kecepatan waktu respons yang lebih cepat, kalibrasi pabrik yang lebih baik, dan kecerahan puncak SDR yang lebih tinggi, meskipun tidak memiliki cakupan gamut Adobe RGB yang luas.

Jika Anda menginginkan model dengan cakupan ruang warna Adobe RGB penuh, lihat MSI MPG321UR-QD. Ini berlaku untuk $900 dan memiliki kalibrasi pabrik yang lebih baik, kecerahan puncak SDR yang lebih tinggi, mode warna sRGB, DCI-P3 dan Adobe RGB khusus dan sakelar KVM bawaan.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, BenQ EX3210U adalah monitor IPS 32″ 4K 144Hz yang layak.

Namun, sebagian besar fitur menarik perhatiannya, seperti mikrofon dan sensor built-in, audio terintegrasi 2.1 channel, dan remote control menambah harga premium yang lumayan, namun aspek yang lebih penting tidak memuaskan, termasuk kalibrasi pabrik dan kecerahan SDR puncak. Ada model yang lebih baik namun lebih murah yang tersedia juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *