January 15, 2022 By hipercroquis.net 0

8 Distribusi Linux Terbaik untuk Pengujian Penetrasi

Pengguna Linux memiliki banyak sistem operasi gratis dalam hal pengujian penetrasi dan forensik digital. Dunia peretasan etis terus berkembang, yang mungkin merupakan salah satu alasan mengapa banyak orang tertarik pada bidang audit ini.

Dilangsir dari WartaINET, beberapa distro dan perangkat lunak Linux tersedia untuk penyelidikan forensik, peretasan etis, dan pengujian penetrasi. Jika Anda adalah pengguna Linux tingkat lanjut yang ingin melenturkan otot otak Anda dan menguasainya, inilah saatnya bagi Anda untuk memeriksa beberapa distro Linux yang terkait dengan keamanan siber ini.

1. Kali Linux

Kali Linux berasal dari Debian dan merupakan salah satu distribusi Linux pengujian penetrasi yang paling populer dan canggih. Sistem operasi tersedia dalam 32-bit dan 64-bit. Pengguna yang ingin mencoba OS dapat mengunduh file ISO dan gambar virtual untuk Kali Linux.

Kali adalah sistem operasi open-source yang dikelola oleh Offensive Security. OS menawarkan lebih dari 350 alat dalam kategori berikut:

  • Rekayasa terbalik
  • Serangan nirkabel dan perangkat keras
  • Analisis kerentanan
  • Pengumpulan informasi
  • Mengendus dan menipu
  • Pengujian dan pelaporan stres

2. ArchStrike

ArchStrike, distro Linux terkait keamanan berdasarkan Arch Linux, banyak digunakan oleh para profesional keamanan siber.

Berasal dari Arch Linux, ia menawarkan berbagai pilihan dalam hal manajemen paket. Kemudahan instalasi dan penghapusan paket yang tersedia membuat OS ini mulus bagi pengguna akhir.

Ada lebih dari 5000 alat yang tersedia di sistem ini terkait dengan eksploitasi, rekayasa sosial, spoofing, malware, brute force, jaringan, forensik, DDoS, dan enumerasi.

3. Setan Linux

Demon Linux, seperti namanya, adalah sistem operasi berbasis Linux yang biasa digunakan untuk peretasan etis. Terlepas dari tema gelapnya, ia terus menjadi distro yang ringan dan ramah pengguna bagi para profesional keamanan. Kesederhanaannya yang sebenarnya muncul, karena Anda dapat membuka aplikasi apa pun dengan satu kunci.

Selain itu, Demon Linux terdiri dari desain dock sederhana yang bekerja dengan mudah. Pengguna dapat merekam desktop mereka dan mengambil tangkapan layar dengan mudah dari bilah menu akses cepat.

4. Cyborg Hawk

Cyborg Hawk adalah distro berbasis Ubuntu yang menampung lebih dari 750 alat sumber terbuka. Jika Anda adalah penggemar Ubuntu, OS ini akan menyenangkan Anda.

Cyborg Hawk menempati peringkat yang cukup tinggi dalam daftar keamanan jaringan dan penilaian sistem operasi. Yakinlah, Anda bahkan dapat melakukan pengujian keamanan seluler dan infrastruktur nirkabel yang akurat dalam OS ini.

Sebaliknya, mungkin tidak sebagus Kali; namun demikian, ia melakukan tugasnya dengan cukup baik.

Beberapa fitur meliputi:

  • Akses ke 750+ alat pengujian penetrasi.
  • Karena ini adalah distro Linux open-source, gratis untuk digunakan dan Anda bahkan dapat menggunakannya sebagai OS langsung.
  • Beberapa layanan termasuk pengujian stres, toolkit eksploitasi, rekayasa balik, keamanan seluler dan nirkabel, dll.
  • Cyborg Hawk adalah OS yang andal, stabil, dan tepercaya, yang dilengkapi dengan repositori perangkat lunaknya sendiri.

5. Kotak Belakang

BackBox adalah OS open-source berbasis Ubuntu, yang dengan cepat menjadi salah satu nama paling populer di dunia peretasan etis.

Selain itu, ini memberi pengguna toolkit analisis jaringan, yang cukup membantu dalam dunia pengujian penetrasi. BackBox dikirimkan dengan 70 alat; namun, sebelum menjalankan alat apa pun, pastikan Anda memiliki pemahaman yang baik tentang alat yang akan Anda gunakan. Jika tidak, Anda mungkin tersesat dalam labirin perintah.

Beberapa alat pra-instal yang umum termasuk Metasploit, SQLmap, Aircrack-ng, Nmap, Scapy, w3af, dan Wireshark, di antara banyak lainnya.

6. OS burung beo

Parrot Security, berdasarkan Debian, dibuat khusus untuk pakar keamanan, pengguna yang sadar privasi, dan pengembang. Ini mewarisi repositori kodenya dari Debian dan dikembangkan bekerja sama dengan CAINE. Ini mendukung browser privasi dan perangkat lunak kriptografi seperti I2P dan Tor.

Parrot Security, sebagai OS, dilengkapi dengan peralatan lengkap untuk keamanan TI dan forensik digital. Anda bahkan dapat mengembangkan program Anda sendiri dan menjaga privasi Anda saat berselancar di internet. Parrot dikirimkan dengan desktop MATE (secara default), dan memberikan rasa yang berbeda kepada pengguna akhirnya.

Parrot diperbarui secara berkala, cukup aman, dan sepenuhnya di-sandbox. Karena ini open-source, Anda dapat melihat kode sumber dengan mudah dan menyesuaikannya sesuai kebutuhan Anda.

7. CAINE

Computer Aided Investigative Environment, lebih dikenal sebagai CAINE, adalah distro Linux terkenal dan populer yang menawarkan menu dan antarmuka grafis yang ramah pengguna. CAINE Linux berasal dari Ubuntu dan merupakan pemain besar di dunia sistem forensik.

Antarmuka grafis CAINE menawarkan lingkungan forensik lengkap, yang dapat Anda integrasikan dengan perangkat lunak yang ada. Jika Anda mencari laporan terstruktur dengan baik yang bermakna untuk membantu Anda dalam penyelidikan yang lebih baik dan membina komunikasi dengan tim Anda, CAINE harus menjadi pilihan pertama Anda.

Beberapa alat forensik umum dalam OS ini termasuk Autopsy, The Sleuth Kit, Wireshark, PhotoRec, fsstat, RegRipper, dan tinfoleak.

8. Pentoo

Pentoo adalah sistem operasi berbasis Linux open-source, tersedia dalam arsitektur 32-bit dan 64-bit. Jika Anda pernah menggunakan Gentoo Linux, Anda akan menemukan Pentoo relatif mudah untuk diinstal dan digunakan.

Pentoo tersedia dengan UEFI lengkap dan dilengkapi dengan UNetbootin, perangkat lunak pendukung boot yang aman. Berkat fitur live run dari sistem operasi, Anda dapat menjalankannya langsung dari USB stick.

Distro ini dikirimkan dengan Xfce sebagai lingkungan desktop default. Xfce adalah desktop yang ringan dan andal, dan menawarkan banyak opsi yang dapat disesuaikan. Beberapa kategori alat tambahan termasuk eksploitasi, fuzzers MitM, forensik, cracker, dan database. Ia juga menawarkan serangkaian aplikasi penting yang meliputi GPGPU, OpenCL, CUDA, John the Ripper, dan Hashcat.

Pelajari Pengujian Penetrasi Dengan Distribusi Linux Terbaik

Ada banyak sekali OS pengujian penetrasi open-source yang tersedia untuk pengujian forensik. Setiap sistem operasi gratis untuk diunduh dan menawarkan segudang penyesuaian kepada pengguna akhir.

Meskipun sistem operasi ini mungkin tampak rumit pada awalnya, namun, mereka menawarkan pandangan luas dari berbagai segmen yang diperlukan dalam pengujian forensik. Jika Anda seorang pemula di dunia pengujian forensik, maka inilah saatnya untuk melakukan penelitian, sebelum menangani alat yang rumit.